Parfumfm - Banyak orang mungkin saja tidak begitu peduli, namun bagi para penggemar parfum, sebuah catatan atau lebih sering dikenal notes memegang peranan yang cukup vital.

Catatan aroma atau fragrance notes hampir mirip dengan catatan atau notasi musik dalam sebuah lagu. Artinya, fragrance notes tidaklah selalu sama, ada tingkatannya dan berubah-ubah.

Fragrance notes sangatlah diperluka  dalam membuat sebuah parfum. Dan di hampir semua produk parfum, fragrance notes ini akan selalu ada dan mengikuti.

Secara keseluruhan, ada tiga skala fragrance notes, yang jika dicampur bersama-sama akan menciptakan wewangian dari parfum itu sendiri. Masing-masing tingkatan akan memiliki tujuan utamanya sendiri.

Baca pula 9 Tips Dahsyat Membeli dan Memakai Parfum

Catatan Atas atau Top Notes

Top Notes kadang-kadang disebut sebagai catatan pembuka atau catatan kepala. Top Notes adalah catatan atas wewangian umumnya yang paling ringan dari semua catatan yang ada. Top Notes diakui setelah penerapan parfum, dan juga yang pertama  kali memudar usai terkena udara atau cahaya, namun demikian bukan berarti Top Notes tidak sangat penting. 

Top Notes justru mewakili kesan pertama dari aroma wewangian. Coba saja, pastinya Anda akan melakukan penciuman aroma berkali-kali? Mengapa ? Karena Top Notes tidak langsung alias perlahan-lahan memberikan kesan abadi bagi Anda. Top Notes bekerja atau berhasil memikat setelah aliran wewangian mengalir keseluruh tubuh usai penciuman. 

Top Notes umumnya wewangian umum termasuk jeruk (lemon, kulit jeruk, bergamot), buah-buahan (jeruk, berry) dan rempah-rempah (clary sage, lavender).



Catatan Tengah atau Heart Notes

Catatan tengah, atau catatan hati atau Heart Notes, dianggap sebagai jantungnya wewangian. Mereka dapat bertahan lebih lama daripada Top Notes dan memiliki pengaruh yang sangat kuat pada Base Notes atas aroma selanjutnya. Heart Notes pada umumnya sangat menyenangkan, karena merupakan hasil dari kombinasi aroma bunga dan buah; kadang-kadang diresapi dengan rempah-rempah seperti kayu manis, pala atau kapulaga.

Umumnya aroma Heart Notes termasuk geranium, mawar, serai, ylang-ylang, lavender, ketumbar, pala, neroli dan melati.

Catatan Basis atau Base Notes


Base Notes adalah aroma akhir yang muncul setelah Top Notes dan Heart Notes benar-benar menguap. Base Notes berbaur dengan Heart Notes untuk membuat tubuh Anda dipenuhi aroma atau wewangian. Akan tetapi, biasanya ini berhubungan dengan periode pemakaian. Tugas dari Base Notes adalah untuk memberikan kesan keabadian, sehingga Notes inilah yang berlama-lama pada kulit selama berjam-jam usai Top Notes menguap. 

Base Notes umumnya termasuk cedarwood, sandalwood, vanilla, amber, nilam, oakmoss dan musk.



Tanpa kombinasi dari tiga Fragrance Notes, sebuah aroma parfum tidak akan menarik. Ketiga catatan ini harus selalu ada dan tak terpisahkan, sehingga mereka menciptakan aroma yang indah.




*Bergabunglah dengan distributor-distributor ternama dalam jaringan penjualan Parfum FM, cukup membeli dua produk Parfum FM (syarat&ketentuan berlaku) Anda telah menjadi Member distributor. Info lebih lanjut silahkan hubungi Distributor resmi Parfum FM Jakarta WA/SMS 081284774578/081806572074 Pin 2AC731A2 dan 7460AB1C